Pemasaran melalui sosial media beberapa tahun terakhir ini telah meningkat dengan sangat pesat. Memanfaatkan platform sosial media sebagai media promosi dikenal juga dengan sebutan sosial media marketing. Dengan banyaknya platform sosial media dan tingginya penggunaan harian sosial media di berbagai kalangan masyarakat membuat promosi melalui media sosial ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Untuk memahami lebih jauh tentang sosial media marketing, berikut ini adalah penjelasannya.

Apa itu sosial media marketing?

Sosial media marketing merupakan sebuah cara pemasaran digital yang menggunakan platform media sosial sebagai tempat untuk melakukan promosi produk baik secara berbayar maupun secara organik. Sosial media adalah platform yang memungkinkan terjadinya interaksi antara penjual dan pelanggan dengan baik. Hal ini membuat penjual dapat merespon dengan cepat keinginan pembeli dan pembeli dapat dengan cepat pula mendapatkan produk yang diinginkannya.

Platform Populer dalam Sosial Media Marketing

Dengan populasi dunia yang mencapai lebih dari 7 milliar orang, saat ini terdapat lebih dari 3 milliar orang yang akitf menggunakan sosial media dalam kehidupan harian mereka. Berikut ini adalah beberapa platform media sosial yang sering dipergunakan

1. Facebook

Facebook dapat dipergunakan untuk digital marketing dengan berbagai macam konten, baik itu tulisan hingga video. Dengan facebook kita dapat menjalankan iklan secara organik maupun dengan memanfaatkan facebook ads yang berbayar.

2. Instagram

Instagram merupakan platform media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga video. Peningkatan pengguna instagram beberapa tahun terakhir ini membuat platform ini sangat cocok digunakan sebagai tempat promosi.

3. YouTube

YouTube adalah sosial media yang fokus kepada konten video. Tingginya jumlah penonton video di youtube ini membuat banyak orang yang fokus membuat konten yang menarik sehingga dapat memiliki jumlah views yang banyak.

4. TikTok

TikTok merupakan salah satu platform media sosial yang memiliki tingkat pertumbuhan pengguna yang sangat pesat. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk berbagi konten video yang menarik untuk mempromosikan berbagai produk yang mereka tawarkan.

Mesk ipun sekarang dalam kita melakukan digitalisasi pemasaran sangat mudah, harus diingat bahwa dalam dunia maya sangat rentan akan terjadinya kerugian bahkan kejahatan, karena dalam marke tplace sosial media tidak ada yang menjamin keamananannya, berbeda dengan platform e – commerce yang memang berfungsi sebagai pihak ketiga agar transaksi menjadi aman, dan juga dalam sosial media walaupun pang sa pasarnya besar, tidak semua dari mereka memiliki daya beli dan tertarik dengan produk anda, berbeda dengan orang yang mengakses e – commerce mereka pasti memiliki daya beli, walau pada kenyataanya beberapa terkdang hanya membandingkan harga dengan barang yang ada di pasar fisik guna mendapatkan harga terbaik.

Kemajuan teknologi seharusnya dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat, yaitu berfungsi untuk memudahkan segala sesuatu, termasuk dalam berdagang, diharapkan akan ada inovasi – inovasi terbaru guna melihat peluang dan segment pasar yang besar sehingga hal ini akan menjadi pekerjaan baru, yang tadinya orang berpendapat bahwa k erja itu harus di lapangan, tapi sekarang dengan kita dirumah/ketika sedang beraktifitas pun bisa bekerja sehingga kita khususnya generasi muda tidak menjadi generasi yang konsumtif.