Pada hari Jum`at, 17 Mei 2019 pada jam 13.00 – 18.00 WIB di Hotel Amaris Sagan Jogja, telah diadakan kegiatan Pelatihan Inkubator PPTI #2 “Inovasi Model Bisnis & Strategi Pemasaran Startup Era Disrupsi” sekaligus Launching Buku “From Research To Technopreneur” karya Nova Suparmanto selaku Penulis dan Ketua Inkubator PPTI. Kegiatan ini dihadiri oleh dewan Pembina PPTI, pengurus inkubator PPTI, tenant, dan peserta umum yang terdiri dari pelaku usaha, UKM, startup, guru, dosen, pengajar kewirausahaan, atau masyarakat umum.

Adapun buku ini memuat tentang penelitian, teknopreneurship, serta step by step tentang langkah, strategi, tips, dan pengalaman membangun startup dengan 0 rupiah. Selain pengalaman penulis dalam mendirikan perusahaan pemula berbasis teknologi dari hasil penelitian yang bisa diterima oleh pasar dan mendapatkan pendanaan & pendampingan dari berbagai lembaga, juga terdapat banyak tulisan dari kontributor yang berpengalaman di bidang startup.

Buku ini diharapkan dapat menambah khazanah pengetahuan bagi masyarakat Indonesia mengenai startup dan teknopreneurship seperti era yang terjadi saat ini dalam bentuk sebuah referensi dan pengetahuan popular yang ringan dibaca. Lewat buku ini kami juga berharap membuka mata masyarakat akan pentingnya memahami dan menyiapkan diri dalam era milenial atau era Revolusi Industri 4.0 ini salah satunya dengan kewirausahaan berbasis teknologi (teknopreneur).

Pemateri pelatihan pertama yaitu Satyaguna Rakhmatulloh, M.Sc. menyampaikan tentang:

  1. Membuka pikiran peserta tentang era disruptif dan bagaimana cara menghadapinya
  2. Mengenal dan memahami pentingnya “Business Model” untuk membuat perusahaan dapat terus kompetitif
  3. Mampu menggunakan Business Model Canvas untuk memetakan model bisnis perusahaan saat ini & melakukan inovasi terhadap model bisnis perusahaan agar tetap kompetitif
  4. Memahami pola inovasi model bisnis yang berhasil maupun yang gagal / tidak terserap di pasar

Pemateri kedua yaitu Ita Apriani, M.Si. membawakan materi terkait:

  1. Membangun Tim Penjualan yang selalu termotivasi dan ” berpikir di luar kotak “ yang Gigih, Tangguh, Teruji dan Pantang Menyerah.
  2. Memiliki Sales yang Smart, Penuh Integritas, Jujur, Bertanggung jawab, Fokus, wow dan efektif.
  3. Mampu memanfaatkan peluang disrupsi dan menjadi “pahlawan penjualan dan pemasaran”.
  4. Sharing pengalaman di bidang marketing

Semoga acara ini bermanfaat dan bisa diaplikasikan oleh peserta.